Tips Agar Kamu Tetap Produktif Dan Tingkat Produktivitasmu Tetap Terajga

Tips Agar Kamu Tetap Produktif Dan Tingkat Produktivitasmu Tetap Terajga

Semua orang pasti ingin produktif setiap hari. Sebab, ada berbagai tujuan yang ingin di raih. Entah ingin meningkatkan nilai mata pelajaran hingga menambah pemasukan tiap bulannya.

Tapi, kadang kala timbul rasa malas dalam diri yang entah muncul dari mana. Alhasil, kita jadi enggan menuntaskan apa yang ingin di capai. Nah, di lansir dari residencedaercole.com, guna menjaga produktivitas kita bisa pakai lima cara ini. Yuk di simak!

1. Buatlah tujuan yang ingin di capai, tapi yang realistis ya!

Di kutip dari laman Poker77 IDN, yang pertama menuliskan target atau tujuan yang ingin di capai dapat menjadi salah satu ‘senjata’ agar rasa malas bisa terkikis sedikit demi sedikit. Kita bisa membuat tujuan jangka pendek atau jangka panjang selama itu masuk akal.

Maksudnya, tujuan yang di susun di tulis secara spesifik, terukur dan realistis. Boleh saja memasang target tinggi, tapi pertimbangkan juga aspek lain dalam upaya meraih target yang sudah di rancang.

Contohnya, jika kalian ingin rutin menulis artikel di IDN Times maka kalian bisa secara spesifik merancang target seperti membuat minimal satu artikel dalam satu hari selama seminggu.

Setelah target tadi tercapai, kalian bisa meningkatkan target capaian menyesuaikan kemampuan masing-masing. Untuk ini, apakah kalian sudah menerapkannya?

2. Susun langkah-langkah guna mencapai tujuan. Ini penting banget lho!

Selain menulis target, langkah yang tidak kalah penting adalah menyusun langkah-langkah dalam upaya memenuhi tujuan. Ibarat buku panduan pada produk elektronik, susunan langkah-langkah akan memudahkan kita dalam menjalani kegiatan agar target bisa tuntas.

Misal, ketika menulis artikel maka kita perlu memilih topik bahasan, mencari bahan bacaan, melakukan riset skala kecil hingga mencari foto yang sesuai dengan artikel yang di tulis.

Setiap dari kita mungkin punya susunan ‘buku panduan’ yang berbeda. Ada yang mungkin cari topik lebih dulu, tetapi ada juga yang memulai dengan mencari bahan bacaan agar dapat inspirasi. Semuanya menyesuaikan dengan kenyamanan masing-masing.

3. Atur waktu dalam mengakses hal-hal berkaitan dengan hiburan

Di era seperti sekarang kita di kelilingi oleh berbagai hal-hal yang menghibur. Dengan mudahnya kita mengakses dengan menggunakan smartphone kapan saja dan di mana saja.

Tapi, adakalanya kita terlena dan mengabaikan hal-hal penting untuk di tuntaskan terlebih dahulu. Guna mengatasinya, kita perlu mengatur waktu saat mengonsumsi hal-hal yang sifatnya hiburan.

Kita bisa alokasikan waktu 1-2 jam untuk menonton video di YouTube atau bermain gim pada malam hari sesudah semua tugas atau aktivitas tuntas di kerjakan.

Di luar waktu yang sudah di tetapkan, batasi waktu akses agar aktivitas yang semestinya di kerjakan tidak terganggu.

4. Cari orang yang tepat agar bisa mengingatkan dan pacu diri untuk terus berproses

Mencari orang yang tepat untuk memacu diri menjadi lebih baik dari waktu sebelumnya adalah cara lain yang bisa di pakai guna mengatasi rasa malas.

Kita bisa mengajak teman atau orang yang lebih dulu berkecimpung pada suatu bidang untuk sama-sama belajar. Selain itu, kita pun di ingatkan oleh mereka agar terus semangat dalam meraih tujuan yang di inginkan.

5. Beri waktu jeda ketika beraktivitas. Tubuh juga butuh istirahat ya!

Saat asyik beraktivitas kita suka lupa waktu. Jadinya, kita abai pada kesehatan diri masing-masing. Dampaknya kita kehabisan tenaga, malas melanjutkan kegiatan yang semestinya perlu di tuntaskan, dan bahkan jatuh sakit.

Untuk meminimalkan hal-hal seperti itu kita perlu memberi waktu jeda agar tubuh bisa beristirahat. Gunakan teknik pomodoro dengan memberi waktu rehat lima menit setelah beraktivitas selama 25 menit.

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan durasi waktu tidur. Sebab, kurang tidur bisa menyebabkan kurang fokus. Jangan lupa juga sediakan waktu untuk berolahraga ringan setidaknya 10-15 menit di pagi hari.

Lima cara tadi bisa kita terapkan mulai sekarang. Siapa tahu dalam beberapa hari ke depan ada dampak positif yang bisa di peroleh. Selamat mencoba!